Senin, April 26, 2010

Rich Layer Strawberry Chiffon



Aku sangat penasaran sama resep ini. Sudah pernah beberapa kali nyoba, tapi menurut aku belum bisa dibilang berhasil, karena pernah semi bantat, salah ukur resep, kuenya meledak (pecah, padahal pake loyang tipis), cakenya mimpes setelah dingin, ... hm hm ... jadi tertantang untuk coba lagi.

Teknik pembuatannya adalah teknik chiffon cake, meski ditaruh di loyang biasa, makanya bisa buat nambah entry chiffon week NCC. Secara oven kecil, jadi aku bikin 2 batch, masing-masing setengah resep.

Tekstur cake dan rasanya bener-bener sesuai impian, rasa asam manis segar dari strawberry segar, berpadu dengan manis selai strawberry dan ganache putih, dalam lapisan-lapisannya membuat cake ini begitu istimewa. Untuk base cake istimewa banget, karena saat dipotong kelihatan lapisan-lapisan cake, selai dan ganachenya bener-bener seksi. Apalagi kalo berhasil membelah masing-masing cake jadi 3 lembar ... hiks hiks ... Aku cuma berani jadi 2 (total 4 layer), tapi, masih kelihatan cantik kan ?

Rich Layer Strawberry Cake
Sedap Sekejap
2/IX/2008

Bahan
200 gr terigu protein sedang
30 gr tepung maizena
20 gr susu bubuk
75 gr gula pasir halus
150 ml minyak sayur (aku pakai minyak goreng)
100 gr strawberry segar
100 ml air matang
1/8 sdt esens strawberry
25 tetes pewarna merah muda
8 kuning telur
8 putih telur
1/2 sdt cream of tartar
1/2 sdt garam halus
125 gr gula pasir halus

Olesan :
200 ml krim kental (aku pakai whipped cream)
300 gr white cooking chocolate
, cincang halus
150 gr selai strawberry
halus

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 'C. Olesi 2 loyang diameter 24 cm tinggi 4-5 cm dengan margarin dan alasi kertas roti.
- Blender strawberry dan air. Ukur airnya 200 ml. Campur dengan minyak, esens dan pewarna.
- Campur rata terigu, maizena dan susu bubuk dan gula.
- Tuang campuran strawberry ke campuran tepung dengan whisk, aduk rata.
- Masukkan kuning telur, aduk rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur dengan mixer sampai berbusa, masukkan garam dan cream of tartar, kocok sampai setengah mengembang. Masukkan gula bertahap, sambil kocok hingga mengembang dan terbentuk soft peak.
- Masukkan kocokan putih telur ke adonan tepung, aduk rata.
- Tuang ke loyang, oven selama 30 menit.
Diamkan di loyang sebentar, lepaskan dari loyang, dinginkan di rak kawat.
- Olesan: Panaskan krim sampai titik didih pertama, matikan api. Masukkan coklat, aduk dengan sendok kayu sampai rata, dinginkan. Kocok dengan mixer hingga mengembang.
- Belah masing-masing cake menjadi 3 bagian.
- Ambil satu lembar cake, olesi tipis dengan selai strawberry, beri olesan tipis krim, tumpuk dengan cake lain. Ulangi sampai habis.
- Terakhir, tutupi seluruh permukaan cake dengan krim. Hias dengan selai strawberry segar dan coretan selai strawberry.

Note:
- Potong cake setelah didinginkan agar rapi. Cake enak disantap dingin.
- Aku ga bisa belah tipis, jadi masing-masing kubelah 2 saja, takut amburadul. Kalau bisa belah 3 lebih cantik lagi, karena lapisannya makin banyak.

- Jumlah pewarna disesuaikan saja, karena hasil blender strawberry sangat tergantung dari kondisi strawberry segar. Karena ga punya esens strawberry, aku pakai 1/8 sdt pasta strawberry merk Kupu-kupu dan 20 tetes pewarna Diva cherry red. Hasilnya cukup ok kan ?
- Pilih selai strawberry yang halus, agar bisa terbentuk olesan yang tipis.
Aku pakai selai yang biasa buat oles cake sebelum dicover fondant (dijual di toko bahan kue).
- Olesan krim lebih baik dibuat malam sebelumnya seperti membuat ganache kocok, agar saat dikocok bisa mengembang dan creamy. Aku cuma simpan kurleb 3 jam, jadi kurang mengembang, finalnya kurang banyak untuk olesannya (apa aku yang kurang tipis ya?). Tapi ya kebetulan cuma dapat 4 lembar cake, ya ... pas banget buat moles. Makanya saat moles permukaan, tidak bisa putih banget, warna selainya agak berbayang.
- Cake ini sangat lembab, seperti halnya cake chiffon pada umumnya, jadi harus cepat dihabiskan ... don't worry ... pasti cepat habis kok ... he he ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar