Selasa, April 13, 2010

Golden Orange Chiffon Cake




Bagaimana kalau jeruk orange bercampur dengan jeruk lemon di loyang chiffon ? Pastilah mencuat kesegaran di tiap pori-pori halus chiffon cake. Ini bisa jadi solusi bagi yang suka mengeluh merasa mencium aroma amis telur yang dominan di chiffon cake. Dijamin tidak ada bau telur, tapi aroma dan rasa kesegaran orange dan lemon yang mendominasi. Silakan dicoba dan awas kalau ketagihan !

Golden Orange Chiffon Cake
Untuk 16 porsi
Santap No. 09/2004

Bahan
130 gr terigu protein rendah
3/4 sdt BP
1/4 sdt garam
5 kuning telur
50 gr gula pasir
2 sdm kulit jeruk orange parut
2 sdm kulit jeruk lemon parut
80 ml minyak salad
150 ml jus jeruk orange
6 sdt jus jeruk lemon
6 putih telur
1/4 sdt cream of tartar
70 gr gula pasir

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 'C.
- Ayak terigu, BP, dan garam.
- Campurkan kuning telur dan gula, aduk dengan whisk. Tambahkan parutan kulit jeruk, aduk rata. Tuang minyak sambil diaduk. Masukkan campuran tepung dan jus jeruk, aduk rata.
- Kocok putih telur dengan kec sedang sampai berbuih. Masukkan cream of tartar. Setelah mengembang, masukkan gula bertahap. Setelah rata, kocok dengan kec tinggi sampai mengembang dan terbentuk puncak tumpul.
- Masukkan 1/4 bagian putih telur ke adonan tepung, aduk balik dengan spatula/whisk. Kemudian tuang adonan tepung ini ke adonan putih telur, aduk balik rata.
- Tuang ke loyang chiffon diameter 22 cm tinggi 10 cm sampai 3/4 penuh. Ratakan atasnya dengan punggung sendok.
- Oven 40-50 menit hingga kecoklatan. Tes tusuk, apabila tidak ada adonan yang menempel, keluarkan dari oven, tunggingkan hingga dingin.

Tips dari Santap:
- Pakai gula pasir dengan butiran halus, agar tekstur cake halus dan maksimal pengembangannya.
- Gunakan wadah untuk mengocok putih telur yang kering dan bersih dari minyak dan kuning telur.
- Jangan mengocok kuning telur terlalu kaku agar cake tidak kering. Kocok sampai terbentuk puncak tumpul saja kalau mixer diangkat perlahan ke atas.
- Agar memudahkan pencampuran adonan putih telur yang lembut ke adonan tepung yang pekat dan kental, pakai teknik 'memancing', yaitu 'encerkan' adonan tepung dengan dengan 1/4 bagian adonan putih telur untuk melembekkannya. Setelah itu baru campurkan adonan tepung yang sudah lembek ini ke adonan putih telur. Hasil kue akan lebih bagus dan lebih mekar.
- Jika ingin permukaan cake yang mulus (tidak merekah), turunkan oven hingga suhu 160 'C saat cake telah naik secara maksimal.
- Setelah cake matang, panas-panas langsung taruh terbalik ke atas leher botol atau di atas meja (jika loyangnya punya kaki). Ini dilakukan supaya tidak mengempis. Karena tidak diolesi minyak maka cake tidak akan merosot ke bawah.
- Tanda cake yang matang, tidak akan meninggalkan bekas jika ditekan permukaannya perlahan dengan jari tangan.
- Balik loyang setelah dingin seluruhnya. Dengan hati-hati lepaskan pinggir cake dengan ujung pisau yang tumpul. Angkat keluar cake lalu lepaskan dari dasar loyang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar