Minggu, April 25, 2010

Buffalo Chicken Wing



Lagi hangat diskusi dengan Eka teman sekantor mengenai chicken wing, e... datang majalah Sedap terbaru, di cover depannya ada foto Buffalo Chicken Wing ... pucuk dicinta ulam tiba.
Ternyata ada sejarah di balik nama kerennya ini. Masakan ini dibuat pertama kali 3 Oktober 1964 oleh Teresa Belissimo di Anchor Bar, Buffalo, New York. Oleh karena itu disebut buffalo wings.
Konon, masakan ini dibuat Teresa dalam kondisi darurat untuk suguhan cepat, saat anaknya tanpa pemberitahuan membawa teman-teman ke rumah. Sambil menunggu sayap ayam digoreng, ia mengisi seledri dan blue cheese, hasilnya disukai.
Versi kedua, sang anak mendorong Teresa membuat menu ini pada suatu Jumat malam. Karena ia melihat para tamu bar memborong banyak minuman, maka ia ingin ibunya membuatkan sesuatu untuk tamu bar.
Versi ketiga, suatu hari pesanan ayam datang hanya sayap, yang seharusnya leher dan bagian belakang karena akan dipergunakan untuk saus spagetti. Oleh karena itu suami Teresa memintannya mengolah menjadi sesuatu yang enak disantap.

Buffalo Chicken Wing
Sedap Sekejap 4/XI/2010

Bahan
500 gr sayap ayam (kira-kira 8 potong sayap diambil bagian yang paling ujung)
1/2 sdm air jeruk lemon
2 sdm kecap inggris
2 sdm saus tomat
1 sdr mustard
1 sdt garam
1/2 sdm paprika bubuk
1/2 sdm gula palem
50 gr mentega tawar, lelehkan

Bahan Saus
2 buah acar ketimun, potong kecil-kecil
150 gr mayones
50 gr sour cream
1/2 sdt gula
1 sdt merica bubuk

Cara Membuat:
- Lumuri sayap ayam dengan semua bumbu, aduk rata. Masukkan dalam wadah kedap udara, simpan dalam kulkas minimal 2 jam.
- Panggang dalam oven 30 menit dengan api bawah suhu 170 'C sambil sesekali dibolak-balik sampai matang dan kecoklatan.
- Aduk rata bahan saus.
- Sajikan ayam hangat dengan saus.

Note:
- Jika ingin crispy, cukup panggang 20 menit, setelah itu goreng dalam minyak panas yang banyak sebentar saja sampai kulitnya agak mengering.
- Saus, karena untuk anak-anak, saya hanya pakai mayones ditambah susu kental manis. Atau gunakan resep saus tartar oke juga. Bagi yang tidak suka mayones, pakai sambal bangkok, atau saus sambal biasa pun cocok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar