Rabu, April 14, 2010

Otak-otak Ikan Tengiri



Mas tukang sayur bawa potongan ikan tengiri yang masih segar, jadi kepikiran bikin otak-otak karena inget di kulkas masih punya daun pisang juga. Langsung minta si mas pisahin tulang dan kulitnya. Cacah-cacah sebentar pakai pisau dapur, campur bumbu, bungkus daun langsung panggang. Karena daun pisangnya cuma dikit, jadinya bungkusannya gede-gede, ga kayak kalo beli gede di daun doang.

Aku panggang pakai panggangan gas yang suka aku bawa kalau nginep keluar kota. Praktis lo panggangan ini, karena pakai gas tabung kecil, cepet dan panas apinya bisa diatur, bersih dan gampang dibersihkan serta compact, karena tinggal jinjing kalau mau pakai buat piknik. Aku waktu itu beli di SuperHome lagi diskon 40%, worth to buy.

Back to otak-otak, harum panggangan membuat anak-anak yang baru bangun ngintil ke dapur, ikut manggang sambil icip-icip. Yang ada sebelum aku sempet buat sambelnya, otak-otak tinggal berapa biji, makanya fotonya ga ada sambal kacangnya, kacang yang sudah aku goreng digadoin sama Farras. Ternyata mereka suka, mungkin karena sambil ikutan bikin, trus dimakan hangat-hangat pula. Aku bikin cuma 1/2 resep, jadi lumayan banyak, apalagi kalau ukurannya mau ngikutin orang jualan, tambah banyak deh. Pantas dicobain, ga rugi deh ....

Otak-otak Ikan Tengiri
Fatmah Bahalwan

Bahan
1 kg daging ikan tengiri, hancurkan
400 ml santan kental dingin
150 gr tepung sagu tani
150 gr gula pasir
100 ml putih telur
5 sdm irisan tipis daun bawang

Bumbu
2 sdm bawang merah halus
2 sdm bawang putih halus
30 gr garam halus
1 sdt merica bubuk
1 sdt vetsin (aku ga pakai)

Cara Membuat
- Campur dan remas-remas ikan tengiri, santan dan bumbu sampai rata.
- Tambahkan tepung sagu, gula, putih telur, remas-remas dan banting hingga jadi adonan halus dan kenyal.
- Masukkan daun bawang, aduk rata
- Masukkan ke dalam plastik segitiga. Semprotkan ke selembar daun pisang, gulung kemudian agak pipihkan, semat di kedua ujungnya.
- Bakar di api sedang sampai matang. Di pangganganku api paling minimal, karena kalau kegedean, bagian luar keburu gosong, dalamnya belum matang.

Sambal Kacang
250 gr kacang tanah
750 ml air matang
100 gr cabai rawit dan merah
3 sdm cuka
1 sdm garam
2 sdm gula

Cara Membuat
- Haluskan kacang tanah dan cabai, tambahkan gula, garam, cuka, aduk rata.
- Tuang air, aduk rata.

Tips:
- Pilih ikan tengiri yang segar, karena akan menentukan rasa otak-otak.
- Jangan menggulung daun pisang terlalu rapat/kencang, karena otak-otak akan sedikit mengembang, yang membuat daun pisang sobek karena meletus.
- Gulung daun pisang 2-3 lapis agar otak-otak matang tapi tidak jadi gosong, cukup yang gosong daunnya. Karena makanan yang gosong mengandung zat karsinogenik penyebab kanker.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar