Minggu, Agustus 02, 2009

Banana Pecan Cake

Punya 2 buah pisang cavendish tergeletak tak berdaya, kasihan juga, kulit udah mulai kehitaman, tapi masih sekel dagingnya .... Bongkar-bongkar resep pengen coba banana cake yang lain daripada yang lain ... akhirnya nemu dari blognya mbak Vania, resep dari Martha Stewart. Rasanya beda dari banana cake kebanyakan, apalagi kalo dikasi pecan bener (aku ga punya diganti almond), harumnya kayu manis terasa dan cakenya lembut.

Banana Pecan Cake
Source: Martha Stewart Living Dec '03, by V-Recipes
diterjemahkan oleh Hesti

Bahan:
4 sdm mentega tawar, suhu ruangan,
1 cup terigu protein sedang
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/4 sdt kayu manis bubuk
Sedikit cengkeh bubuk (aku ga pake)
1 pisang yang matang benar, haluskan (kurleb 1/2 cup)
1/4 cup buttermilk (aku ganti susu cair)
1/2 sdt vanilla ekstrak
1/2 cup dark brown sugar (aku ganti 1/4 cup gula pasir halus + 1/4 cup palm sugar)
1 butir telur yang besar
1/3 cup kacang pecan cincang panggang (aku ganti almond cincang)

Cara Membuat
- Panaskan oven 180 'C, alasi loyang 6 loyang diameter 5cm dengan parchment paper, mentega dan taburan tepung (aku pake 9 loyang muffin sedang dialasi papercup).
- Campur dan ayak dalam mangkok terigu, baking soda, baking powder, garam, kayu manis, cengkeh. Di mangkok lain campur dengan whisk pisang, buttermilk dan vanilla.
- Kocok mentega dan gula sampai lembut dan rata, masukkan telur, kocok rata.
- Masukkan campuran tepung bergantian dengan campuran pisang.
- Tambahkan kacang.
- Tuang ke loyang, oven selama 45 menit (karena aku pakai cup, cukup 20-25 menit)
- Diamkan selama 10 menit, keluarkan dari loyang, taburkan gula halus di permukaan, sajikan dengan whipped cream jika suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar