Kamis, Agustus 06, 2009

Wongky Cake / Topsy Turvy







Waktu lihat buku Lindy Smith terkagum-kagum sama cake tumpuk yang miring ke kanan kiri, mikir ... gimana ya numpuknya biar ga ambruk ? Pertanyaan terjawab sudah waktu mbak Peni jadi tutor di wongky cake class di matraman. Sempet stress juga ngejalanin step by stepnya apalagi waktu stacking cake, tapi karena ada grup srimulat ncc (mom elly, mbu anti, mbak ina, bundut ... alo ... piss ah ) yang ikut di kelas ini, jadi pelipur lara deh. Gimana nggak strees ? Udah cantik-cantik dihias, cake nya lama kelamaan kok miring ???? hoa hoa aaaaa .... untung mbak Peni sigap, langsung dibenerin stackingnya ....

Langkah-langkah menyusun Wongky Cake:
1. Rencanakan ukuran wongky cake.
Untuk cake di gambar, ukurannya sbb:
Cake Dasar : alas = 15x15cm, tinggi belakang = 12cm, tinggi depan = 9cm, bagian atas = 19x19cm
Cake Tengah: alas = 11x11cm, tinggi belakang = 11 cm, tinggi depan = 8 cm, bagian atas = 15x15cm
Cake Atas: alas = 7x7cm, tinggi belakang = 9cm, tinggi depan = 5cm, bagian atas = 10x10cm
2. Sediakan alas yang sesuai.
Alas ada 2, yaitu alas di masing-masing cake pakai impraboard (sesuai dengan ukuran bawah cake) dan alas cake secara keseluruhan pakai tripleks. Untuk cake di atas alasnya pakai 28x28cm, agar saat dimasukkan ke dalam kardus, sudut-sudut atas cakenya tidak nempel ke kardus (karena di sudut-sudut itu ada hiasannya)
3. Carving masing-masing cake sesuai ukuran.
Karena tidak ada loyang yang sesuai dengan bentuk wongky, maka kita harus carving cake (menyusun, mengiris, menambal, dsb) sesuai dengan bentuk yang kita kehendaki. Pastikan waktu menempelkan sambungan pakai selai harus padat (jangan ada rongga). Padatkan cake, sehingga kokoh. Carving pakai pisau dengan gerigi agar lebih bagus hasil carvingnya.
4. Mengcover fondant (bagian paling susah, karena cake mengecil di bagian bawah)
Tempatkan masing-masing cake pada alasnya, oles tipis dengan selai. Warnai fondant, gilas sekitar 0.3cm selebar panjang dan lebar cake yang akan dicover (ukur dengan potongan kertas roti). Cover cake, lakukan dengan cepat, potong kelebihan agar tidak membuat sudut retak. Lakukan di sudut terlebih dahulu. Gunting jika memang kelebihan, langsung smoother untuk menghilangkan bekas guntingan.
5. Stacking Cake
Siapkan dowel (tusukan kayu/bambu) untuk penyangga cake. Letakkan cake dasar di alas cake, susun cake tengah dan ke atas dengan susunan yang selang-seling. Pastikan susunan kokoh dan sudut pandangan sudah diperoleh. Jika sudah konfirm, maka bisa diberikan dowel. Ukur dowel setinggi cake, potong, tancapkan di cake (beri sekitar 4 dowel untuk masing-masing cake). Beri meringue untuk melekatkan alas cake. Lakukan untuk cake berikutnya. Jika sudah selesai, tetapkan sudut yang menjadi pusat perhatian, beri tanda, sudut ini yang akan jadi 'muka' cake.
6. Hias Cake
Hias cake sesuai selera. Pastikan sudut-sudut cake tertutupi hiasan jika terjadi retak. Tratalala ... cake siap disajikan.

Untuk pengiriman, tidak disarankan dikirim dalam keadaan stacking, khawatir ambruk. Pengalamanku waktu pulang, cakenya tambah miring karena goncangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar