Minggu, Oktober 03, 2010

Roti Kopi ala Roti Boy


Dari berbagai macam roti yang aku buat, Kirana sangat suka dengan Roti Topping Kopi, entah seneng bener, atau karena terpenmgaruh gerai roti boy yang banyak ditemui di pusat perbelanjaan.

Sekali ini nyoba dengan teknik water roux yang pernah di posting Mbak Lia Lirik di milis NCC. Ga ribet banget ternyata seperti yang dibayangkan, seperti yang aku pikir sebelumnya.

Hasilnya roti jadi lebih lembut, apalagi aku pakai tepung breadtalk, yummy deh ... Toppingnya juga lebih krispi, meski tingkat krispinya masih kurang menurutku, karena masih terlalu basah kalau didiamkan terlalu lama. Jadi kalau mau makan dimasukkan toaster sebentar biar garing lagi. Tekstur dan pori-pori yang dihasilkan juga lebih bagus. Ga percaya ? Cobain deh !

Roti Manis modifikasi by Lia http:rosmalia-momsdiary.blogspot.com

Bahan
500 gr terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
11 gr ragi instant
30 gr susu bubuk
1/2 sdt bread improver (optional)
4 butir kuning telur
200 ml air dingin (kurang lebih)
100 gr mentega
1/2 sdt garam

Water Roux
25 gr terigu protein tinggi
125 ml air

Topping
80 gr gula pasir (aslinya 100 gr)
100 gr mentega
125 gr terigu protein rendah
80 gr putih telur
Sedikit baking powder (aku pake 1/2 sdt)
1 sdt kopi instant (aku larutkan dgn 1 sdt air panas)
Sedikit flavor kopi (aku pake 1/2 sdt)
Sedikit pasta moka (aku pake 1/2 sdt)

Filling: sesuai selera
Mentega asin, potong kotak bekukan
Keju quick melt, potong kotak

Water Roux
- Campur terigu dan air di saucepan.
- Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk terus menerus sampai membentuk seperti pasta. Kira-kira 2-3 menit, jangan terlalu lama.
- Angkat, biarkan hingga dingin, siap digunakan.

Topping:
- Campur gula dan mentega, kocok sampai halus dan putih.
- Masukkan terigu, putoh telur, baking powder, larutan kopi dan flavor, serta pasta moka, aduk sampai rata (seperti cream).
- Masukkan plastik segitiga, siap digunakan.

Roti
- Campur semua bahan kering kecuali garam, aduk rata.
- Masukkan water roux, kuning telur, dan air dingin, mixer sampai rata.
- Masukkan mentega dan garam, mixer sampai kalis.
- Diamkan dengan ditutup kain serbet basah selama 30-45 menit atau sampai mengembang dua kali lipat.
- Kempiskan, timbang @60 gr, bulatkan, diamkan 15 menit.
- Kempiskan lagi, isi dengan keju/mentega, bulatkan.
- Diamkan selama 30 menit (15 menit sebelumnya oven dipanaskan).
- Gunting kecil ujung plastik segitiga. Beri topping dengan menyemprotkan melingkar dari arah dalam, seperti obat nyamuk bakar.
- Oven 10 menit saja, tidak boleh lebih dari 15 menit.
- Sajikan hangat.
- Jika tidak langsung dimakan,topping akan lembek. Agar crunchy kembali oven kembali selama 2-3 menit agar garing.

1 komentar:

  1. salam kenal mbak,

    aku suka banget kopi, termasuk keluargaku dirumah, hampir semua suka kopi, jadi pengen coba nih resepnya, sebelumnya aku udah pernah coba resep roti yg pake "water roux" ini, waktu itu aku pake isian sosis dan aku bentuk carterpilar(contek di blog mbk Ricke bunda Nadhifa)dan memang enak & lembut rotinya, nah yg resep mbk ini rasanya patut juga utk dicoba, ijin copas resepnya ya mbak, dan ada beberapa resep lain juga dipostingan mbak yg aku copas resep2nya, dan ingin aku praktekan, jadi..sekalian minta ijinnya, hehehehe..btw tks a lot udah share resep2nya.

    salam,
    Yani

    BalasHapus