Sabtu, Oktober 30, 2010

Bolu Hongkong


Udah lama tertarik pengen nyoba resep ini, tapi belum punya cetakannya. Katanya cetakannya mirip cetakan cupcake, cuma lebih tinggi. Yah ... karena ga punya-punya juga, akhirnya tetap bikin pakai cetakan cupcake aja yang agak tinggi, hi hi ... bentuknya jadi bukan kayak bolu hongkong, tapi kayak silinder warna-warni, hi hi hi ... Rasanya lembuuuuuuuuuuuuuuut banget, menurutku lebih lembut dari sponge cake, hampir mirip chiffon. Enak ... Padahal cuma pakai margarin, loh ...

Bolu Hongkong
Fatmah Bahalwan

Bahan:
8 kuning telur
6 putih telur
150 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
140 gr terigu protein rendah
10 gr maizena
1 sdt baking powder
150 gr margarin, lelehkan

Cara membuat:
- Kocok telur, gula dan SP sampai mengembang kental.
- Tambahkan tepung terigu, maizena dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata
- Tuang margarin leleh, aduk rata
- Tuang adonan kedalam cetakan bolu Hong Kong yg sudah dilapisi kertas
- Oven 20 menit suhu 180’C.

Tips & Triks:
- Pengocokan adonan harus jambul petruk agar tekstur adonan spongy (tidak bantat). Agar mudah kental, kocok telur dan gula sampai setengah mengembang, baru masukkan emulsifier, kocok terus sampai kental mengembang jambul petruk.
- Pengadukan terigu dan margarin, pakai spatula dengan teknik aduk balik. Kalau bisa gunakan spatula lebar/besar dan wadah yang bening, jadi pengadukan lebih mudah dan gampang terlihat jika ada adonan yang masih belum tercampur di dasar wadah.
- Aku buat 1/2 resep jadi 20 cup kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar