Sabtu, Oktober 30, 2010

Rainbow Chiffon Cake


Sudah lama ga bikin chiffon, jadi pengen makan yang lembut-lembut. Hmmmm .... kalo makan chiffon bisa sampai merem melek, he he ... Kali ini buat rainbow chiffon cake NCC. Dulu pas chiffon week pengen bikin, cuma ga sempat.

Resep chiffonnya sama dengan chiffon pandan NCC, hanya rasa dan pewarna yang digunakan warna-warni. Pasta yang kupakai kurang banyak, jadi warnya ga muncul. Kalo tekstur dan rasa dah ok banget, rasa tambah enak kali kalo pasta ditambah. Jadi sekali makan langsung kerasa pandan, coklat dan strawberry. Yummy ...

Rainbow Chiffon Cake
Fatmah Bahalwan

Adonan Pasta
50 gr gula pasir
20 gr susu bubuk full cream
20 gr maizena
140 gr terigu protein sedang
1 sdt BPDA
100 ml minyak sayur
100 ml santan sedang
140 gr kuning telur

Adonan Putih Telur
300 ml putih telur
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdt cream of tartar

Rainbow
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt pasta strawberry
1/2 sdt pasta coklat

Cara Membuat (sebagian sudah ada penambahan dari aku):
- Panaskan oven 150 'C. Alasi loyang chiffon diameter bawah 24cm dengan kertas roti tanpa dioles apapun.
- Adonan pasta : Ayak terigu, BPDA, maizena dan susu dalam wadah, campur rata dengan gula pasir, lubangi tengahnya. Tuang kuning telur di tengah, aduk searah dari arah dalam dengan whisk sambil tuangi minyak dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta yang halus.
- Adonan putih telur : Kocok putih telur, garam dan cream of tartar dengan mixer hingga setengah mengembang. Tuang gula bertahap sambil terus dikocok hingga mengembang dan terbentuk soft peak (puncak tumpul).
- Tuang adonan putih telur bertahap ke dalam adonan pasta sambil diaduk perlahan dengan whisk hingga rata.
- Bagi adonan menjadi 4 bagian sama banyak, campur 1 bagian dengan pasta pandan, 1 bagian dengan pasta strawberry, 1 bagian dengan pasta coklat, 1 bagian biarkan putih.
- Tuang kembali keempat bagian tersebut ke dalam wadah yang besar tapi jangan diaduk.
- Tuang semua adonan tersebut dalam loyang chiffon, panggang kurleb selama 90 menit sampai matang dan kokoh (kalau ditekan permukaannya kembali membal).
- Keluarkan kue dari oven. Panas-panas balikkan loyang dengan disangga leher botol atau kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
- Jalankan pisau tipis tajam di sekeliling loyang dengan gerakan lurus (jangan bolak-balik). Lepaskan bagian tengah cake (yang dekat lubang loyang) dengan tusuk sate. Balikkan kue ke tempat saji, lepaskan kertas rotinya. Potong-potong dengan pisau gergaji.

Tips dan Triks:
- Di resep disebutkan untuk loyang diameter bawah 20cm. Tapi aku pernah coba, yang ada adonan sukses meluber ke luar loyang dan mengembang sangat tinggi dan meledak (pecah ke mana-mana). Untung aku alasi loyang datar, jadi tidak bikin gosong oven. Jadi kemaren, aku pakai loyang chiffon 20cm dan loyang loaf kecil, pas banget adonannya.
- Pastikan putih telur masih segar (bening, kental, tidak cair, tidak amis) agar adonan putih telur dapat mengembang baik.
- Dalam resep, adonan putih telur dibuat dengan mengocok langsung semua bahan. Kalau aku, putih telur, garam dan gula dikocok setengah mengembang dulu, baru gula dituang bertahap dan dikocok sampai mengembang soft peak. Dengan perlakuan seperti mudah didapat adonan soft peak, dan putih telur tidak gampang cair kembali.
- Soft Peak artinya adonan mengembang kental (berjejak), saat mixer diangkat adonan tidak jatuh, puncak adonan membentuk puncak tumpul (ujungnya terkulai ke bawah). Kalau Hard peak, puncak adonan kaku mengarah ke atas.
- Jangan mengocok putih telur sampai hard peak, karena akan sulit menyatu dengan adonan pasta, kue menjadi sangat berongga, dan saat dipanggang akan naik tinggi sekali setelah dikeluarkan jadi kempes.
- Pencampuran adonan pasta dan putih telur harus rata agar kue tidak bantat, tapi juga jangan terlalu lama, agar adonan tidak mencair. Bisa pakai whisk, bisa dengan spatula. Aku lebih suka pakai spatula dengan teknik aduk balik seperti buat sponge cake, karena resiko adonan pasta tertinggal di dasar baskom bisa diminimalisasi.
- Waktu panggang 90 menit bukan keharusan. Jika kue belum matang dan kokoh betul, tambahkan waktu panggang. Karena jika tetap dikeluarkan, kue akan sukses menciut kempes (cekung permukaannya). Maka kenali oven masing-masing.
- Pasta yang aku gunakan kurang banyak, sehingga warnanya ga keluar cerah. Saranku,tambahkan pasta jika perlu sampai warnanya keluar cantik.
- Pencampuran 4 adonan aku udah coba sesuai resep, tapi tidak berhasil. Buat aku, lebih pas kalau langsung dituang bergantian di loyang Seperti menuang adonan zebra cake. Cuma ini bukan di satu titik di tengah, tapi melingkari loyang, sehingga nanti ada terlihat seperti pola zebra warna-warni.

Stop Press !!!
habis bikin rainbow chiffon lagi, sudah berhasil membuat warna cerah, cuma sepertinya masing-masing warna harus dituang dalam 2 tahap, sehingga gradasi warnanya lebih cantik lagi.

1 komentar:

  1. duhhh....lucu …imut...and so pasti empuk,menthul menthul.

    BalasHapus