Sabtu, Oktober 23, 2010

Bolu Kukus 10 menit


Dulu aku sempat kurang sukses membuat bolu kukus ini. Makanya lebih suka membuat bolu kukus resep dari mbak Vivi Liong yang sudah pernah aku posting.Menurutku resep mbak Vivi anti gagal. Baru aku sadar ternyata dulu aku kurang sabar bikinnya, jadi adonan kurang kental, makanya ga mau mekar.

Karena kalau diperhatikan, dua resep ini hampir sama komposisi resepnya. Sama-sama ga pakai soda juga. Jadi seharusnya kalau bisa bikin resep mbak Vivi, bisa juga buat resep ini. Pertanyaannya kenapa namanya 10 menit ? Karena gampang banget, ngukusnya cuma 10 menit!

Bolu Kukus 10 menit
Fatmah Bahalwan

Bahan
4 butir telur
450 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1 sdt BPDA
500 gr terigu protein sedang
300 ml susu cair
1 sdt esens kopi
1/4 sdt pasta moka

Cara Membuat
- Panaskan kukusan dengan air sedang (jangan terlalu banyak), dengan api besar. Jika tidak pakai klakat, bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih.
- Kocok semua bahan (kecuali pasta moka) sampai mengembang dan sangat kental.
- Ambil sebagian adonan, campur dengan pasta moka.
- Tuang adonan putih ke cetakan bolu kukus sampai hampir penuh. Tuang sedikit adonan moka di atasnya.
- Kukus selama 10 menit. Jangan terlalu banyak mengisi kukusan, agar bolu kukus tidak hanya tertawa tapi ngakak !

Hasil jadi sekitar 32 buah.

Tips dan Triks:
- Adonan harus dikocok hingga sangat kental (hingga sulit jatuh jika mixer diangkat). Adonan yang kurang kental, bolu kukus tidak mau tertawa.
- Berbeda dengan resep yang pakai soda, resep ini dipengaruhi kesegaran telur, daya kerja BPDA, dan emulsifier. Pastikan emulsifier dan BPDA masih bagus, serta telur masih segar. Tanda telur segar adalah putih telur masih kental, tidak encer dan tidak memisah dari kuning telur.
- Api kukusan harus besar agar uap sangat panas dan banyak. Tapi air jangan terlalu banyak agar uap tidak membasahi dasar cetakan yang membuat bolu kukus mengkerut di pinggang.
- Adonan bolu kukus tidak apa-apa mengantri. Oleh karena itu, jangan memaksakan banyak cetakan dalam sekali pengukusan, agar bolu kukus dapat ngakak.
- Cukup kukus selama 10 menit. Jangan terlalu lama mengukus yang membuat bolu kukus mengerut.

3 komentar:

  1. bun... BPDA itu apa?? makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. BPDA = Baking Powder Double Acting, jadi dia bekerja saat dicampur dalam adonan dan saat dipanggang. Kalau BP = Baking powder, dia bekerja saat dipanggang saja.

    BalasHapus
  3. jenk....
    aku izin copas tips dan trik ya...
    aku ks link asal kok...
    terima kasih sebelumnya...
    salam,,,,

    BalasHapus