Minggu, Mei 30, 2010

Last bite of cheese cake


Cake ini salah satu antaran ke Bu Lala guru mengaji anak-anak, ucapan terima kasih karena Kirana sudah khatam Al Quran. Nah, ini kelebihannya yang dipesan khusus sama Kirana. Aku bikin red velvet dan cheese cake, maksudnya biar kasih sesuatu yang lain, kalau cake yang lain, kan ga spesial.

Cake yang cantik ga sempet difoto, karena bikin malam, masuk kulkas, besok paginya aku berangkat kantor pagi banget saat matahari belum ada karena Papa harus ke Merak, siangnya cake diantar, jadi kesempatan foto ga ada deh ... Ini, sisa terakhir yang masih bisa diabadikan. Lihat, yang motong Kirana, jadi ga rapi ... ga pa pa deh, yang penting dia senang ... Buah kiwi dan strawberry sudah habis, jadi pakai jeruk sama anggur saja.

Japanese Style Cheesecake
Sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga

Campur dan ayak
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena

Bahan
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, suhu ruang
120 ml whipped cream
3 butir kuning telur
1 butir telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Topping
2 sdm selai aprikot
2 sdm air

Cara Membuat
- Siapkan loyang diameter 22 cm, alasi kertas roti dan olesi mentega. Panaskan oven 150 'C.
- Campur mentega, cream cheese dan whipped cream, didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan telur utuh, aduk rata. Masukkan kulit jeruk, aduk rata, sisihkan.
- Kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan gula dan air jeruk, dan garam sedikit demi sedikit sambil dikocok terus sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
- Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
- Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang.
- Panaskan selai aprikot dan air, oleskan ke permukaan cake.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar