Minggu, Mei 09, 2010

Chocolate Strawberry Torte



Ada tumpukan putih telur hasil bikin vla dan roti, bingung mau dibuat apa. Inget juga masih ada yogurt oleh-oleh Kirana dari field trip ke Cimory, pilihan jatuh ke resep Santap ini.
Cake rendah lemak ini sedikit unik karena memakai quick oat, tetapi tidak memakai lemak sama sekali. Rasa pekat coklat dan kopi dinetralisir dengan asam manis frosting strawberry.

Chocolate Strawberry Torte
Santap No. 1/2003

Bahan
115 gr terigu
75 gr quick oats
50 gr coklat bubuk
1 sdt soda kue
150 gr gula pasir
1/4 sdt garam
275 ml kopi, dinginkan
1 sdt vinegar / air jeruk lemon
1/2 sdt vanila esens
250 ml putih telur
150 gr gula pasir

Frosting
100 gr whipped cream bubuk
100 susu non fat dingin
150 ml yogurt strawberry
150 ml selai strawberry (aku ga pakai)

Hiasan: buah strawberry segar

Cara Membuat:
- Campur terigu, coklat bubuk, oats, gula, soda kue dan garam dalam mangkuk yang besar. Aduk rata, sisihkan. Taruh kopi, vinegar, kopi dan vanili, dalam mangkuk sedang, aduk rata, sisihkan.
- Kocok putih telur dalam mangkuk besar dengan mixer kec tinggi sampai terbentuk puncak tumpul (soft peak) jika pengocok diangkat. Masukkan gula bertahap sambil dikocok hingga terbentuk puncak runcing dan kaku (hard peak) jika pengocok diangkat.
- Tuang larutan kopi ke campuran tepung, aduk dengan whisk sampai adonan rata. Masukkan 1/3 bagian putih telur, aduk dengan whisk / spatula. Masukkan sisa putih telur dengan cara yang sama.
- Tuang adonan ke 2 loyang diameter 20 cm tanpa olesan minyak. Oven selama 25-30 menit suhu 180 'C hingga matang. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin di loyang. Setelah dingin, lepaskan sisinya dengan pisau lalu balik di alas kue. Belah cake masing-masing menjadi 2.
- Tumpuk cake dengan mengoleskan selai strawberry dan memberi frosting, hias dengan strawberry segar.
- Frosting: Kocok krim bubuk dengan susu sampai kental dan mengembang. Masukkan yogurt, aduk rata.

Info nutrisi (per potong)
Energi : 155.6 kalori
Lemak total : 1.25 gr
Kolesterol : 0.34 mg
Serat: 1.03 gr

Note:
- Saat mengocok frostingm pakailah mangkuk stainless steel dan dinginkan dulu mangkuk beserta whisk mixer sebelum digunakan, agar hasil sempurna. Dinginkan juga susu dan yogurt.
- Karena memakai frosting whipped cream, cake ini tidak tahan terhadap cuaca panas. Lagipula cake ini lebih enak disajikan dingin.
- Saat buat kemaren, karena melihat adonan sangat mengembang, agak jiper menaruh adonan di 2 loyang. Jadi aku taruh di 3 loyang. Ternyata mengembang tinggi, meski tidak bantat, tetapi terlalu tipis buat dibelah lagi. Makanya cakenya cuma 3 lapis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar