Minggu, Desember 13, 2009

Klappertart Kentang Keju



Aku dapat tantangan dari suami suruh bikin klappertart yang 'versi kering' secara memang dia penggemar klappertart dan suatu kali pernah nyoba klappertart Denhagg Bandung, dia pengen dibuatin kayak begitu. Googling dari mana-mana belum dapat resepnya. Pas lihat di tabloid Saji, ada yang mirip, nekat bikin aja, toh kalo gagal cuma sedikit ini. Bolak-balik baca resepnya serasa nggak percaya ... nggak pake gula ???? Kebetulan nih, suami pasti mau nyicipin.
Hasilnya jauh dari Denhagg, yang ini tidak kering banget, masih agak basah. Rasanya memang versi klappertart asin, ngeju banget. Kalau kupikir-pikir klappertart Denhagg itu lebih mirip bika atau bingka atau orang jadul bilang prol. Lain kali aku akan coba modif resep bika / prol / bingka jadi klappertart saja. Tapi untuk kudapan sore, tidak mengecewakan, mungkin lain kali aku akan tetap kasih gula barang sedikit, untuk penyeimbang rasa asin kejunya.

Klappertart Bakar Kentang
Saji 167 / 2009
untuk 12 buah

Bahan
150 ml air
75 gr margarin
1/2 sdt garam
100 gr terigu protein sedang
100 gr kentang, kukus, haluskan
3 butir telur
1/2 sdt baking powder
1/8 sdt esens vanili
100 ml santan kental instan
100 gr kelapa muda, keruk panjang, rebus dengan air kelapa muda
50 gr kismis, potong 2
50 gr keju cheddar parut untuk taburan.

Cara Membuat
- Panaskan air, margarin dan garam sampai mendidih, matikan api.
- Masukkan terigu, aduk rata. Nyalakan api, masak sampai kalis, angkat.
- Masukkan kentang, aduk rata. Tambahkan telur satu persatu sambil kocok rata.
- Masukkan baking powder dan vanili, aduk rata. Tambahkan santan, aduk rata.
- Masukkan kelapa muda dan kismis, aduk rata.
- Tuang ke cetakan muffin sedang yang dioles margarin. Taburi keju.
- Oven secara au bain marie selama 35 menit suhu 180 'C atau sampai matang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar