Jumat, Desember 11, 2009

Bolu Kukus




Hore ... hore ... hore ... aku lonjak-lonjak saat buka kukusan bolu kukusku mekrok dan ngakak semua ... Yipi !!!!! selama ini kalo bikin bolkus belum bisa mekrok banget, jadi kegirangan banget ... (hi hi hi suami sampe bingung ... ada apa sih ??)
Awalnya, malam pulang kantor, celingukan, tugas nemenin anak-anak belajar udah selesai, mau nonton TV, udah dikuasai krucil-krucil, suami lagi asyik belajar, ngapain ya ? Mau baca buku ... ntar dulu deh, iseng ke dapur, cling ... !! kepikiran nyoba bolkus. Pikirku, siapa tahu kali ini bolkusnya ngakak, ya udah, kocok sebentar, panasin kukusan, tuang2, tunggu 10 menit ... yiha ... bener-bener seneng aku ... udah lembut banget teksturnya, wangi strawberrynya ok punya, ngakaknya itu lho ... yang bikin penantian sekian lama terlunasi sudah ... (lebay nggak sih ?). Kali ini pakai resep Mbak Vivi Liong.

Bolu Ceria Ngakak
Vivi Liong

Bahan
2 butir telur
250 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
250 gr tepung terigu protein sedang
50 gr susu bubuk
200 ml santan (aku ganti susu cair)
1 sdm esens tutti frutti (aku ganti 1/2 sdt pasta strawberry)
Pewarna kuning telur, pink, hijau dan biru secukupnya (tidak pakai)

Cara Membuat
- Panaskan kukusan dengan api sedang, bungkus tutupnya dengan serbet (jika tidak memakai klakat)
- Kocok telur dan gula hingga agak mengental, masukkan emulsifier, kocok hingga kembali putih dan kental.
- Masukkan campuran terigu dan susu bubuk bergantian dengan susu cair, sambil terus dikocok hingga rata. Tambahkan pasta, kocok rata.
- Tuang ke cetakan (aku pakai cetakan muffin lepasan - dapat 13 buah) yang sudah dialas papercup. Masukkan ke kukusan (jangan banyak-banyak, sisakan ruang yang cukup biar bolkusnya ngakak).
- Kukus selama 10 menit (jangan buka kukusan selama waktu tersebut). Keluarkan, lepaskan dari cetakan, taruh di rak kawat, agak tidak basah.
- Sajikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar