Minggu, Desember 13, 2009

Ayam Kodok



Nggak tahu kenapa weekend ini tiba-tiba pengin bikin Ayam Kodok. Kayaknya gara-gara baca Lezaat edisi khusus yanga ada mbak Ika Kurnia dan ayam kodoknya. Ndilalah tukang sayur bawa ayam yang cakep banget, utuh, montok dan kulitnya tidak terlalu tipis. Ya sudah, langsung dikulitin, isi dan jahit menjahit di mulai. Ada insiden sebenarnya, si mbak dengan pedenya ngomong, ini ayam dipotong berapa ? Weit !!!! aku yang lagi siapin bumbu langsung teriak ... jangan !!!! tapi pisau dia kadung mengiris ketiak sayap, untung belum keblabasan. Karena itu program jahit-menjahitnya lumayan nih, padahal aku udah cukup sukses menguliti tanpa sobek .... Ayam sudah montok kembali dengan isian, dikukus, aku tinggal jala-jalan sama anak-anak.
Pulang dari jalan, ayam masuk oven dengan olesan, sambil nunggu, bikin saus, rebus sayur dan goreng kentang. Sore, waktu foto ayam ini di teras, dikomentari anak tetangga, ayamnya gede banget tante ? Emang habis tante ? He he ... tenang ... ntar kuanterin ...
Abis foto, langsung dipotong buat makan sore, trus siapin 3 set kecil di piring untuk tetangga, nyam ... nyam ... abis tuh ayam, tinggal sepotong dengan sayap buat sarapan anak-anak besok.

Ayam Kodok
Fatmah Bahalwan

Bahan
1 ekor ayam begeri, ambil kulitnya utuh, rebus tulang ambil kaldunya
4 butir telur rebus

Bahan Isi
500 gr daging ayam giling
500 gr daging sapi giling
5 potong roti tawar, rendam air, remas
1/2 kaleng liver paste (aku nggak pake)
3 butir telur ayam, kocok lepas
2 sdt gula
3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt pala bubuk

Bahan Olesan ala mbak Ika
1 sdm margarin
1 sdm kecap manis
1 siung bawang putih, parut
1/2 sdt air jeruk lemon
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm madu

Bahan Saus
3 sdm mentega
1 buah bawang bombay, iris halus
2 sdm tepung terigu
500 ml kaldu ayam
5 sdm kecap manis
3 sdm kecap inggris
1 butir maggi blok (aku ganti 1/2 sdt kaldu ayam bubuk)
2 sdt garam
2 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk

Pelengkap
Wortel, potong jari, rebus
Buncis, potong jadi 2, rebus
Kentang, potong jari, goreng kering
Selada Keriting

Cara Membuat
- Kuliti ayam mulai dari bagian perut (utuhkan ekor ayam), mengarah ke samping (paha) potong sebagian tulang paha, lakukan juga untuk paha sebelah kiri. Lanjutkan menguliti ayam ke arah dada dan punggung (hati-hati ini bagian tersulit), patahkan tulang sayap (sayap masih utuh, lakukan untuk sayap yang satunya, sampai seluruh badan ayam terlepas dari kulit. Periksa jika ada yang sobek, jahit terlebih dahulu. Jahit bagian leher sampai rapat.
- Aduk bahan isi menjadi satu, masukkan ke plastik segitiga.
- Masukkan bahan isi ke kulit ayam, sambil tata 4 butir telur rebus (2 di dada, 2 di panggul, padatkan, agar telur tidak bergeser. Jahit bagian pantat. tusuk-tusuk agar ayam tidak sobek.
- Letakkan di pinggan, kukus kurang lebih 1 jam.
- Aduk bahan olesan. Oleskan ke ayam, oven ayam dengan suhu 180 'C selama kurang lebih 35 menit.
- Saus : panaskan mentega, tumis bawang bombay sampai harum, masukkan terigu, aduk rata, tuang kaldu dan semua bumbu, aduk rata, didihkan, angkat.

Sajikan ayam dengan saus, dan sayuran pelengkap.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar