Senin, Desember 21, 2009

Chocolate Chunk Cookies




Buku Gift from the Kitchen ini aku beli barengan buku Ondori. Buku terbitan Wilton edisi lama ini (karena aku lihat di web Wilton, covernya udah beda, meski isinya sama) berisi ide hantaran untuk berbagai kesempatan, dari pindahan rumah, thanksgiving, sampai goodie bag ultah, yang disertai resep, dilengkapi ide pelengkap parcel, seperti loyang, cetakan, utensil, dll.
Resep ini ternyata sama dengan resep judul yang sama di web Wilton. Gampang banget bikinnya, kemaren kubikin nyambi masak buat makan malam. Masakan selesai, kukis selesai, langsung dicoba rame-rame. Oatmealnya nggak aku blender, cari praktis saja, ternyata malah menyumbangkan unsur crispy yang ok banget. Anak-anak ok banget dengan rasa dan teksturnya dan nggak nyangka kalo di dalamnya ada oatmeal (coba kalo disuruh makan langsung ... mana tahan), kalo papanya lain kali minta dikurangi dikit gulanya. Aku bikin 1/2 resep jadi banyak, cukup untuk 1 tupperware modular mate square 2.

Chocolate Chunk Cookies
Wilton - Gifts from the Kitchen

Ingredients
2 1/2 cup quick oat, blender (aku gak blender)
2 cup terigu serbaguna
1 sdt BP
1 sdt BS
1/2 sdt garam
1 cup brown sugar
1 cup granulated sugar
1 cup unsalted butter, lunakkan
2 telur
1 sdt vanila
12 ounces semi sweet or milk chocolate, cincang (aku pake choc chips)
1 1/2 cup walnut, pangang, cincang (aku pake kenari)

Cara Membuat
- Campur oat, terigu dan BP, BS, dan garam, sisihkan.
- Kocok mentega dan semua gula sampai lembut dan creamy. Masukkan telur dan vanila, kocok rata.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan sendok kayu.
- Masukkan coklat dan kacang, aduk.
- Simpan dalam lemari pendingin selama paling sedikit 1 jam.
- Panaskan oven suhu 375 'F.
- Cetak dengan 2 sendok teh di loyang kue kering yang sudah di alasi parchment paper. Beri jarak, karena kukis akan melebar.
- Oven selama 10-12 menit suhu 200 'C atau sampai agak kecoklatan. Kukis masih lembek, tetapi akan mengeras saat di luar oven (proses pematangan masih berlanjut di luar oven). Keluarkan dari oven, biarkan dingin di loyang. Lepaskan dari loyang.
- Simpan dalam wadah kedap udara.
Untuk 4 dozen

1 komentar: