Sabtu, Agustus 07, 2010

Kue lumpur Kentang Santan



Panjang banget judulnya ya ? Padahal 'cuma' kue lumpur ... ini hanya untuk membedakan dengan kue lumpur terigu dan kue lumpur kentang yang pakai susu.

Kesampaian juga nyobain resep kue lumpur NCC, setelah ngintip blognya Widya Hidayat, aku pakai resep hasil modifnya.

Cetakan kue lumpur meski sudah lama beli di mayestik, selama ini lebih sering dipakai buat bikin martabak manis mini. Dulu suka kepikiran bikin kue basah ribet, ternyata ga juga. Kekurangannya buatku cuma satu, kue basah seperti ini tidak tahan lama, jadi suka susah kalau bikin untuk bekal anak-anak sekolah.

Tekstur kue lebih padat dari lumpur terigu, meski tetap lembut, dan enak banget. Farras langsung nyomot yang pakai keju, trus langsung ditaburi meses, sekali makan langsung dua. Yang agak susah menjawab tantangan suami untuk bikin kue basah seperti ini dengan spesial rendah gula, karena pengurangan gula pasir atau penggantian dengan gula khusus membuat tekstur kue berubah, tidak seperti cake yang perbedaan tsb tidak nampak.

Kue Lumpur Kentang Santan
Resep Fatmah Bahalwan modif by Widya Hidayat

Bahan
200 ml santan kental instan + 100 ml air, didihkan, dinginkan
300 gr kentang, kukus, haluskan, dinginkan
50 gr margarin, lelehkan
2 butir telur
125 gr gula pasir
1 sdt garam
1 sdt pasta vanila
125 gr tepung terigu

Olesan: aduk rata
1 butir kuning telur
2 sdm minyak goreng

Topping:
100 gr kismis
100 gr kelapa muda keruk panjang

Cara Membuat
- Panaskan cetakan kue lumpur dengan api paling kecil.
- Kocok telur dan gula sampai kental dan mengembang (tidak perlu sampai jambul petruk). Masukkan garam dan vanila, kocok rata.
- Masukkan santan sedikit demi sedikit, aduk rata (atau mixer kec paling rendah).
- Masukkan kentang dan terigu bergantian sambil kocok kec rendah.
- Masukkan margarin, aduk rata.
- Tes panas cetakan dengan satu tetes bahan olesan, jika udah bunyi cesssss .... berarti siap dipakai. Olesi lubang cetakan dengan bahan olesan.
- Tuang adonan sampai 2/3 tinggi lubang cetakan. Tutup, masak sampai setengah matang. Taburi bahan topping, tutup kembali, masak sampai matang.

Note:
- Tahap pencampuran bahan aku balik, jadi setelah kocokan telur kental, dengan kecepatan rendah kentang masuk dulu ... kocok rata, lalu terigu, baru santan dan mentega, hasilnya adonan licin.
- Bahan olesan ini membuat hasil kue ga bakal lengket ke cetakan, juga menghasilkan tekstur bagian bawah kue bergurat cantik.
- 1 resep jadi sekitar 14 pc.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar