Rabu, Juni 30, 2010

Beef Noodle Soup


Bos tempat kerjaku dulu sangat ngefans sama masakan vietnam, apalagi karena waktu itu kantorku bersebelahan dengan resto Pho Hoa, resto vietnam yang dulu sempat jaya tapi sekarang sudah almarhum.

Awalnya aku juga ga tahu masakan vietnam kayak apa, maklum, dari anak kos, kerja pertama kali, akrabnya juga dengan warteg, apalagi dulu resto mancanegara masih bisa dihitung dengan jari. Tapi karena bosku orangnya baik hati dan tidak sombong, taela ..., kami sering diajak makan ke sini. Dari yang bener-bener ditraktir full, sampai yang model saweran (dengan porsi bos paling besar ... ha ha ha ...). Akhirnya akrablah dengan menu vietnam. Malah, aku jadi ikut ngefans karena cocok dengan seleraku. Light and healthy.

Ga tahu kenapa, tiba-tiba kangen dengan menu beef noodle soup ini. Selain kangen dengan citarasanya, juga barangkali kangen dengan kebersamaan teman-teman kantor dulu.

Ngobrol-ngobrol dengan Eka, temen kantorku sekarang, akhirnya kita bahas resep ini, dari browsing internet, sampai coba-coba, akhirnya ketemulah yang ini, yang nyoba pertama Eka, karena testimoni dia mirip dengan rasa di Pho Hoa, aku berani mencobanya. Dan ternyata memang benar, light, rich of flavour, pokoknya seger deh ...

Beef Noodle Soup
dari Eka

Ingredients
1 medium piece of fresh ginger
1 large onion
2 litres (12 cup) water
1 kg (2 lbs) beef bones
400 gr (13 oz) beef brisket -- sandung lamur
Pinch of salt
3 pieces star anise
1 cinnamon stick
Salt
Pepper
1 cup bean sprouts -- taoge
250 gr (8 oz) flat rice noodles -- lebih enak kuetiaw kering
250 gr (8 oz) raw beef striploin, thinly sliced -- daging sukiyaki
1 medium onion, sliced
1/4 cup baby leeks, finely cut
1/2 cup ngo gai (saw-leaf herb) leaves, chopped -- aku skip, ga tahu
1/2 cup coriander leaves, chopped -- daun ketumbar

Garnish
1 tbsp chili sauce
3 tbsp yellow bean sauce
2 small ed chilies, slice
2 limes, cut into wedges
Mint leaves
Ngo gai leaves
Coriander leaves

Directions
- Grill ginger and onion untik the skins are burnt
- In a deep pan, combine water, bones and beef brisket. Bring to the boil, skimming frequently, to remove residue. Add salt, grilled ginger and onion, star anise and cinnamon.
- After 45 minutes, remove the tender cooked beef and slice it very finely. Drain thr soup into a separate container, adding salt and pepper to taste.
- Wash and drain bean sprouts. Quickly blanch rice noodles and bean sprout in boiling water, to soften, but do not overcooked. Arrange in a soup bowl. Top with sliced beef brisket, raw beef striploin, sliced onion, chopped baby leeks, ngo gai and coriander leaves.
- Pour the boiling soup into the bowl and sprinkle with freshly ground pepper. By that time the raw beef should medium-cooked.
- Serve with chili and yellow bean sauce, sliced chili, lime wedges, mint, ngo gai and coriander leaves.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar