Minggu, Maret 21, 2010

Corned Cheese Chiffon

Di milis lagi demam chiffon, beberapa kali muncul variasi baru chiffon, cuma kreasi mbak Sylvie yang menggoda untuk dicoba, karena tampilan chiffon yang biasanya manis jadi gurih karena ada corned dan kejunya.

Dasar aku yang buru-buru bikinnya karena kepikiran mau cepat-cepat belanja sore ini, jadi ngaduk kocokan putih telurnya kayaknya belum rata benar, sehingga muncul rongga-rongga gede. Adonan masuk oven, kelonin krucil-krucil, sempet terlelap sebentar. Bangun, angkat cake dari oven, balikin, tinggal pergi. Sepertinya belum 'taneg' aku udah angkat dari oven (hi hi ... lihat mendung udah menggantung, pingin cepet lari aja ke hypermart), makanya permukaan sedikit turun, meski tidak bantat sama sekali. Memang ... tidak bisa buru-buru, kita diajarin sabar kalo bikin chiffon.

Ada selentingan ide, gimana kalo dikasi potongan kubus kecil keju di dalam adonan, pasti makin maknyus (ingat waktu Lebaran di Semarang ada yang ngasi chiffon keju dengan potongan kubus kecil keju yang generous hmmm ... uenak banget....). Anyway ... resepnya ok ... lain kali dicoba lagi.
Corned Cheese Chiffon
Modif Mbak Sylvi Soediar (http://www.uplekuplek.multiply.com/) dari Majalah Sedap
Bahan A
140 gr tepung terigu (resep asli 130 gr)
1/4 sdt BP
1/4 sdt BS
75 gr corned sapi, haluskan dengan garpu
60 gr keju cheddar, parut (resep asli 50 gr)
150 ml susu cair
80 ml minyak sayur (resep asli 75 ml)
seuprit garam
7 kuning telur
Bahan B
7 putih telur
85 gr gula kastor
2 sdt air jeruk lemon (resep asli 1/2 sdt cream of tartar)
Taburan: 50 gr keju cheddar, parut
Cara Membuat:
- Ayak terigu, BS, dan BP. Masukkan corned, keju, susu, minyak dan kuning telur, sambil aduk perlahan sampai halus (seperti adonan pasta).
- Dalam wadah lain, kocok putih telur dan air jeruk lemon sampai berbuih/setengah mengembang. Masukkan gula pasir bertahap sambil dikocok hingga kaku.
- Masukkan kocokan putih telur ke adonan pasta secara bertahap, aduk perlahan hingga rata.
- Tuang ke loyang chiffon 22/24 cm tanpa dioles apapun, taburkan keju parut.
- Oven 170 'C selama 50 menit.
- Angkat, balikkan loyang, diamkan hingga dingin.
- Jalankan pisau tipis dan tajam searah di sekeliling loyang, dan jalankan tusuk sate di bagian tengah cake, lepaskan cake dari loyang. Potong dengan pisau bergerigi.
Note:
- Loyangku 20cm, aku bikin 2/3 resep ternyata tidak penuh, makanya kurang tinggi. Mungkin harusnya 3/4 resep.
- Aku oven sesuai petuah Bu Fat 150 'C antara 90-100 menit. Tadi sore hanya 90 menit, makanya kayaknya permukaannya jadi turun saat dingin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar