Sabtu, Maret 06, 2010

Cheddar Cheese Cake




Kalau ingin cheese cake yang ekonomis, cake ini jawabannya. Sekaligus sesuai dengan lidah kebanyakan orang yang sudah terlanjur terpatok bahwa rasa cheese adalah cheddar. Bahkan kalo diberi cheese yang benar, ada yang bilang nek dan prengus ... Hi hi ...
Cake ini sebenarnya cake lembut seperti cotton/chiffon/moist sponge cake dengan rasa keju yang dominan. Metode pembuatannya pun seperti cotton/chiffon cake, dengan membuat adonan pasta terpisah dengan kocokan putih telur. Jadi jangan bayangkan cheesecake seperti new york style cheesecake atau blueberry cheesecake yang sangat mahteh dan cheesy. Mmmmm ....

Nyari kiwi kok ga nemu di giant, mau pake anggur kok ga sreg, ya sudah pake peach kaleng dan strawberry saja. Tapi betul juga kalau pakai kiwi juga tempatnya ga ada, karena cakenya kecil. Jadilah hantaran kita kali ini ....

Cheddar Cheese Cake
Resep by Aljo's Mom, modified by Shirley Theresia

Bahan A
125 gr keju cheddar, parut halus
130 ml susu cair
40 gr butter

Bahan B
20 gr terigu protein sedang
15 gr maizena
2 kuning telur
1 sdm air jeruk lemon

Bahan C
3 putih telur
80 gr gula pasir halus

Topping
1 sdm selai aprikot/strawberry/blueberry
1 sdm air
Buah seperti: peach / jeruk mandarin kaleng, kiwi / strawberry segar

Cara Membuat
- Siapkan loyang diameter 18 cm (aku pakai 20 cm), bungkus bagian luarnya dengan aluminium foil heavy duty (agar tidak bocor/merembes). Siapkan loyang yang lebih besar tapi lebih rendah untuk rendaman.
- Campur bahan A, masak dengan api kecil sambil diaduk sampai keju larut dan halus. Usahakan keju larut semua dan jaga jangan sampai gosong.
- Selama krim keju masih hangat, ayakkan terigu dan maizena, aduk rata.
Masukkan kuning telur dan air jeruk, aduk rata.
- Masukkan loyang berisi air (tinggi air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan) ke dalam oven, panaskan oven suhu 160 'C.
- Kocok putih telur dan COT sampai setengah mengembang, tuangkan gula bertahap sambil dikocok mengembang (soft peak).
- Tuang bertahap kocokan putih telur ke adonan sambil diaduk balik secara merata. Tuang ke loyang.
- Cek apakah loyang rendaman sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih (bergolak), cukup sampai ada gelembung kecil di dasar loyang. Letakkan loyang di atasnya.
- Oven 160 'C selama 50 menit. Lakukan tes tusuk, jika masih belum matang benar tambahkan waktu 5-10 menit lagi. Saat matang, permukaan cake akan menjadi kuning keemasan (bukan coklat).
- Selagi hangat, balik cake dengan menggunakan serbet bersih dan kering, hati-hati, karena cake sangat-sangat lembut. Dinginkan.
- Topping: Panaskan dengan api kecil air dan selai sampai larut. Oleskan di atas cake, susun buah di atasnya. Olesi kembali dengan air selai. Dinginkan di lemari pendingin.

Note:
- Beberapa kali bikin, ternyata lebih gampang mencairkan keju slice daripada keju parut. Asal jangan dari keju melt, karena ini ngaret.
- Keringkan lap sampai kering irisan buah, agar tidak berair.
- Kalau pakai selai strawberry/blueberry, jangan dipakai sebagai olesan buah. Pakai cairan agar-agar saja, caranya: panaskan 1/2 sdt agar-agar bubuk + 2 sdm air sampai larut, biarkan uapnya hilang, oleskan di atas buah. Cairan agar ini juga bisa memperkuat buah agar tidak goyang, sehingga aman untuk perjalanan.
- Permukaan cake akan sedikit turun saat dingin, tidak masalah, yang penting cake matang sempurna dan tidak bantat.
- Percayalah, cake ini gampang bikinnya, dan percayalah hasilnya begitu membahagiakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar