Minggu, Juli 11, 2010

Rendang Daging Melayu




Padahal biasanya aku malas masak yang 'time consuming' kayak gini, tapi kenapa sejak Mom Elly posting resep ini di milis, aku kok 'terpanggil' untuk mencoba. Padahal, aku juga udah simpan catatan resep rendang padang ala Uni Dewi Anwar. Cuma, ragu-ragu untuk mencoba karena salah satu bahannya hati sapi, bahan yang dihindari suami.

Balik ke resep, resep ala Mom Elly ini menurutku lebih condong ke Melayu, dibandingkan rendang padang, karena rempah-rempah yang digunakan lebih banyak.

Aku ga mengira, ternyata aku bisa bikin rendang juga. Dan baik rasa, tekstur dan penampakan sesuai yang aku harapkan. Meski aku pakai santan instan (ha ha ... ketahuan malasnya), ternyata karena pemakaian rempah dan bumbu daun yang melimpah, jejak santan instan tidak tercium sama sekali di sini.

Rendang Daging Melayu ala Mom Elly
www.momelly.blogspot.com

Bahan
1 kg daging kelapa (daging bulat), potong menjadi 20-25 bagian
500 gr kentang rendang, bersihkan, tusuk-tusuk dengan garpu
3-4 butir kelapa tua, peras ambil santan kentalnya saja
2 lbr daun kunyit
4 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk purut
5 sdm kelapa sangrai, yang sudah dihaluskan
Garam secukupnya
1 sdm Gula
2 sdm air asam jawa
Minyak untuk menumis

Bumbu halus
250 gr cabai keriting (atau sesuai selera)
150 gr bawang merah
5 siung bawang putih
200 gr lengkuas
3 cm jahe
5 batang serai, ambil bagian putihnya

Bumbu rempah
2 sdm ketumbar
1/2 sdm merica bulat
3 butir kapulaga
5 butir cengkeh, buang kepalanya
1 cm kayumanis
1/4 butir biji pala
1/2 sdt adas manis
1/2 sdt jintan
14 buah pekak (kurleb 4 buah kelopaknya)

Cara Membuat
- Tumis bumbu halus dan bumbu rempah hingga harum. Jangan lupa bubuhi garam secukupnya. -
- Masukkan daging, bumbu daun, beri sedikit air, aduk hingga daging berubah warna.
- Tuang santan, aduk hingga mendidih (jangan sampai pecah).
- Setelah daging setengah matang masukkan kentang dan kelapa sangrai, beri sedikit gula, aduk rata.
- Bila daging telah empuk, masukkan air asam, masak terus dengan api kecil hingga kuah mengering.
- Siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar