Minggu, Januari 30, 2011

Nasi Uduk Betawi


Kalau mayoritas orang Jakarta ngefans sama nasi uduk kebon kacang, kami malah ga doyan. Bagi kami, warung Mak Lengket di Klender yang juara.

Apa istimewanya ? Nasi uduk dihidangkan panas-panas lengkap dengan aroma dan rasa rempah-rempah disandingkan dengan ayam perawan goreng panas-panas. Ditemani sambal cabe merah dan lalapan, wah ... bisa nambah-nambah melulu! Yang spesial ayam gorengnya ... sampai jargon di kaos para pegawainya bilang ... "ayamnye ayam perawan ... ntu nyang bikin lengket !!!' ... he he he ... Emang ayamnya spesial, gurih, lengket, manis, pokoknya yummy ...

Anak-anak kalo ke situ ga usah disuruh makan, malah. Nambah-nambah, nah, susahnya kaloi ke situ mesti sore, biar lega, langsung dapat duduk dan nyaman.

Tertantang sama suami bikin nasi uduk yang mirip Mak Lengket. Browsing sana-sini, akhirnya coba-coba ramuan sendiri, dengan teknik dari Bu Fatmah.

Komentar suami dan anak-anak, lumayan enak, meski Mak Lengket tetap juara. Kalo ayamnya, jauuuuuuhhhhhh ... katanya. Ya iyalah secara ayamnya pakai ayam pejantan saja. Tapi lumayan, kalo lagi males keluar, atau buat variasi sarapan pagi.

Nasi Uduk Betawi
Ala Hesti

Bahan
450 gr beras putih
700 ml santan dari 1/2 butir kelapa (kalo pake santan instan 200 ml santan dicairkan)
3 lbr daun salam
2 batang serai, ambil bagian putih, memarkan
3 butir cengkeh
2 cm jahe, kupas, memarkan
3 cm lengkuas, kuas, memarkan
2 sdt garam

Cara Membuat
- Cuci beras, kukus hingga panas. Angkat.
- Didihkan santan bersama bahan lainnya.
- Masukkan beras, masak (aron) sampai santan terserap habis.
- Kukus beras selama 30 menit hingga matang.

Untuk 5 porsi

1 komentar:

  1. Haloo mbak hesti, salam kenal... saya coba yah resepnya. Mat lengket dekat dgn rumah saya di Jakarta. Pokoknya mat lengket dan kebon kacang juara bgt dua2nya bagi sy. hehe

    BalasHapus