Minggu, Januari 29, 2012

Oreo Cheesecake


Kirana itu cheesy freak, selain tiramisu dengan lady finger, cheese cake ini juga favoritnya. Apalagi ada Oreo biskuit kesukaannya. Versi unbaked ini relatif mudah. Dan karena dicampur gelatin, ditaruh sebentar dikulkas pun langsung beku.

Oreo Cheese Cake
http://aini.rumahatiku.com/2009/06/oreo-cheesecake/#ixzz1kpGFpw5C

bahan-bahan berikut :
3 bungkus Oreo
65 gr mentega tawar, lelehkan
2 sdm susu kental manis
2 sdm susu cair full cream
1 sdm gelatine bubuk
3 sdm air panas
250 gr Cream cheese
50 gr gula halus
200 gr whipping cream

Cara buat :
1. Pakai 1,5 bungkus oreo (atau sekitar 16 keping biskuit sandwich oreo) untuk membuat adonan isi. Sisa biskuit oreo-nya gunakan untuk hiasan & dibagi jadi dua bagian : satu bagian dibuat coarsely chopped, sisanya dibiarkan utuh.
Dasar cheesecake :
2. Pisahkan ke-16 biskuit cokelat oreo dari krim isi-putihnya. Sisihkan krim putihnya, jangan dibuang
3. Hancurkan biskuit oreo tanpa-krim sampai menjadi remah halus.
4. Dalam sebuah mangkuk, campur remah biskuit halus dengan mentega cair (dilelehkan), krim isi-putihnya Oreo & condensed milk. Aduk sampai tercampur merata, sambil ditambahkan susu cair sesendok demi sesendok. Ini menjadi adonan dasar kue.
5. Setelah tercampur merata, tuang adonan dasar kue ini ke loyang kue, ratakan sampai padat & tekan-tekan hingga menutupi seluruh dasar loyang. Dinginkan dalam kulkas (refrigerator) selama membuat adonan isi cheesecake.

Isi cheesecake :
6. Larutkan gelatine dalam air panas. Diamkan sebentar
7. Kocok cream cheese bersama gula halus sampai tekstur cream cheese jadi lembut & creamy. Kemudian masukkan larutan gelatin, aduk rata. Simpan dalam kulkas.
8. Kocok whip-cream sampai mengembang & agak kaku serupa mousse (jangan sampai terlalu kaku)
9. Campurkan kocokan whipped-cream ke dalam adonan cream cheese. Aduk perlahan (gently stir) dengan spatula sambil menambahkan potongan biskuit oreo yang coarsely chopped. Jangan terlalu lama/terlalu bersemangat mengaduk adonan isi cheesecake supaya whipped cream tidak kempes (kehilangan volume) & tidak mencair. Cukup aduk perlahan 4-5 kali
10. Tuang 1/2 adonan isi cheesecake ke dalam loyang berisi adonan dasar (yang sebelumnya didinginkan); di atasnya, susun sisa biskuit oreo yang masih utuh. Kemudian, tuangkan seluruh sisa 1/2 adonan isi cheesecake. Ratakan permukaan cheesecake dengan spatula
11. Tutup cheesecake dengan alumunium foil. Dinginkan selama 4-6 jam (atau semalaman lebih bagus) dalam kulkas. Keluarkan oreo cheesecake saat hendak disajikan. Selalu simpan sisa kue dalam kulkas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar