Minggu, September 18, 2011

Kirana 1st Cake


Beberapa hari Kirana merengek minta disupervisi mau bikin spongecake sendiri, baru pagi ini sempet nemenin. Mungkin terprovokasi membaca buku ondori Jepang, yang memang kelihatan simple karena memang untuk anak-anak.

Resepnya diambil dari buku ondori Desserts you came make yourself volume 1. Bahannya simple cuma 4 macam, bikinnya juga gampang, sepertinya termasuk cake anti gaga". Cocoklah buat pemula. Dari nimbang adonan, kocok, aduk sampai tuang adonan, dia lakuin sendiri. Cuma manggangnya aku awasi sambil bikin sus. Cakenya mengembang bagus, permukaannya kering pas dan rata, lebih bagus dari spongcake yang biasa aku bikin, hahaha ... Aku rasa karena pemakaian gula yang relatif lebih banyak jadi proses karamelisasinya lebih bagus. Hasilnya memang beremah, cocoknya diberi siraman simple sirup agar lebih moist, tapi favoritnya Kirana cuma diberi buttercream aja, just a simplple of that ... Perfect companion for a hot tea/coffee.

Resep ini bener-bener tanpa tambahan bahan pengembang, pewarna dan perasa. Tidak pakai emulsifier, baking powder/baking soda, esens dan pewarna. Hanya empat bahan saja, dan bisa jadi bagus juga. So, bisa kan bikin cake sehat ?

Mau coba ? Ajak anak-anak untuk mengikuti proses pembuatan cake, atau biarkan mereka melakukan sendiri salam pengawasan anda. Dan yakinlah mereka akan lebih menyadari dan menghargai makanan dan pembuatnya. Yakinlah, ga ada yang rumit kalau ada niat, let's have fun baking !!!

Sponge Caje
Ondori Books Dessets You Can Make Yourself Volume 1

Bahan
1 cup gula pasir
3 butir telur
1 cup terigu, ayak
1 sdm mentega, lelehkan

Cara Membuat (aku jabarkan sesuai caraku)
- Panaskan oven 180 'C. Olesi loyang bulat diameter 20cm tinggi 7cm dengan mentega, alasi kertas roti, olesi mentega kembali.
- Kocok gula dan telur sampai mengembang
- Masukkan terigu bertahap, sambil aduk dengan spatula
- Masukkan mentega, aduk rata dengan spatula
- Tuang ke loyang, oven 30 menit atau sampai matang. Lakukan tes tusuk untuk memastikan.
- keluarkan dari oven, diamkan 5 menit dalam loyang.
- dengan pisau tajam, jalankan di sekeliling loyang, balikkan ke alas cake. Balikkan kembali ke rak kawat, dinginkan.
- Belah 2 cake, beri filling sesuai selera. Hias sesuai selera.

Catatan:
- buku ondori ini membuka paradigmaku, bahwa pembuatan sponge cake lebih tricky dibanding buttercake. Lha, kirana aja sukses di 1st trial. Jadi intinya: jangan pernah takut untuk mencoba. Ketakutan adalah setengah dari kegagalan.
- tips triksnya : pilih telur segar, agar cake mengembang bagus. Mentega dicairkan jangan sampai mendidih, ayak tepung dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar