Jumat, Juni 01, 2012

Nasi Pandan


Menu ini salah satu menu favorit Farras, tentu saja tanpa sambalnya, terkadang dia juga ga mau orek tempenya. Tapi, dia bisa lo, gadoin nasi pandan ini tanpa apa-apa. Bisa habis satu piring. Hal itu terjadi kalau dia lagi ga nafsu makan menu hari itu, trus aku pulang kantor direngekin untuk bikin nasi pandan ini. Dia akan nungguin aku bikin, dan setelah jadi, dia akan makan gitu aja, tanpa lauk apa-apa .... hahaha ... unik memang Farras. Sementara kakak-kakaknya lebih suka nasi uduk dan nasi kuning. Kalau ditawarin nasi pandan, mereka akan bilang nasi zombie ... hahahah ....

Tapi jujur, nasi ini enak banget, ga enek meski makan banyak (kayak nasi kuning), dan wanginya itu lo ... menggoda banget. Biasanya aku sajikan dengan ayam goreng (lebih sering sih ayam popcorn: potongan kecil ayam fillet digoreng tepung), orek tempe, telur dadar rawis, tumis buncis wortel dan sambal bajak. Lauk pauk sebenarnya sesuai selera saja, asal dilengkapi sambal dan bawang goreng, sudah lekker deh ... Kalau suka, tambahkan emping atau kerupuk. Yuk dicoba ...

NASI PANDAN 
Penulis: Famah Bahalwan 

Bahan: 
500 gr beras putih 
100 ml santan kental 
500 ml air 
1 sdm garam 
15 lbr daun pandan 

Cara membuatnya: 
1. potong-potong daun pandan, blender bersama saparuh bagian air, saring peras. Campur air pandan bersama santan, dan sisa air hingga jumlah total menjadi 600ml. 
2. kukus beras hingga panas, sambil masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api. 
3. Campur beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis. 
4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar