Kamis, Oktober 27, 2011

Almond Mocca Cake


Untuk acara menerima kunjungan balasan calon besan Aang, aku bikin almond mocca cake ini. Aroma mocca relatif lebih universal, apalagi yang hadir kan rata-rata sudah sepuh. Kalo cake coklat jadi sangat manis buat beliau-beliau. Kalo cake keju, suka dihindari karena kolesterol, mocca cenderung lebih diterima.

Sebenarnya pengen nyontek mocca nougat-nya Lanny Soechan, di buku kue-kue populer singapura, tapi kok males bikin nougat-nya, secara mepet bikinnya. Terus kayaknya kok lebih elegan kalo sisi cake dihiasin tatanan almond slice.

Cake-nya aku tetep pake resep lanny, pengen nyoba cake dengan metoda chiffon begini. Ternyata hasilnya bagus. Cakenya relatif rapi hasilnya, flat, matangnya rata.dan kata yang makan, ok tekstur dan rasanya (maklum yg bikin ga ikut acara, hehehe ...). Buttercream aku pake hollman, biar cepet, hehehe, secara ngebut bikinnya. Terus waktu nyairin coklat, saking buru-buru, malah DCC-nya ga mau cair, nggerindil. Putar otak, biar cepat, buttercream mocca aku kasih pasta coklat black forrest. Oleh karena itu, ga ada ornamen dari coklat, cuma coretan2 dan titik2 di atas spuitan kerang.

Ini aku salin resep lengkap dari Lanny ya ...

Cake Populer ala Singapore ibu Lanny Soechan

Ingredients:
Bahan 1
8 kuning telur. (10)
50 gr gula pasir halus (castor) (61)
1 sdt mocca pasta (1.21)

Bahan 2
150 gr terigu protein rendah (182)
1/2 sdt baking powder

Bahan 3 (campur jadi satu)
100 ml susu cair (121)
100 ml minyak sayur (121)

Bahan 4
250 ml putih telur
100 gr gula pasir (121)
1/2 sdt cream of tar tar
1/2 sdt garam

Bahan 5 (cream) :
250 gr mentega putih
125 gr margarine (pakai blueband)
200 ml skm putih (pakai Indomilk) (242)
2 sdm mocca pasta

Bahan 6 (nougat)
200 gr gula pasir
200 gr kacang tanah, panggang, tumbuk kasar

Cara membuat :

1. Bahan 4 : kocok putih telur hingga 1/2 mengembang. Masukkan gula pasir, cream of tar tar, dan garam. Kocok kembali hingga mengembang, tapi tidak terlalu kaku.

2. Campur dan kocok bahan 1 menjadi satu hingga mengembang dan gula larut. Masukkan bahan 2 sedikit demi sedikit sambil diselingi dengan bahan 3, aduk berlahan dengan spatula hingga rata.

3. Tuangkan bahan 4, aduk hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam 2 buah loyang berdiameter 20 cm yg telah diolesi dg margarine hingga rata.

PS : Masukkin mocca pasta boleh bareng ngocok bahan 1 atau masukin terakhir sewaktu nyampur sama putih telur

4. Panggang ke dalam oven dengan suhu 160 • C - 175 •C selama 20 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dan dinginkan.

5. Campur dan kocok bahan 5 menjadi satu hingga tercampur rata dan mengembang, sisihkan.

6. Bahan 6 : sangrai gula pasir hingga meleleh dan berwarna kuning kecoklatan. Masukkan kacang tanah, aduk rata. Tipiskan didalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit minyak pada saat selagi panas. Dinginkan, haluskan.

7. Ambil satu lembar cake, olesi dengan bahan 5 hingga rata dan taburi dengan bahan 6. Tumpuk dengan cake, beri lagi dengan bahan 5 dan bahan 6. Lakukan hal yang sama untuk semua cake yang selanjutnya, terakhir taburi seluruhnya dengan bahan 6.

8. Hias sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar