Sabtu, Desember 11, 2010

Two Season Cake ala Dapur Cokelat



Awalnya untuk ulang tahun, aku pilih resep triple chocolate cake ala Harvest resep dari Femina, tapi ga tahu kenapa 2 kali gagal bikin mousenya. Duh, Elle Vire lagi, tapi mungkin juga karena pakai dairy whipped cream, aku tidak terlalu aware dengan timing pengocokan. Secara bikinnya disambi masak dan ngawasin anak-anak.

Akhirnya banting setir dengan resep Ermey si empunya Dapur Cokelat. Sekilas sama dengan resep Harvest ala Femina, sama-sama mouse cake, tapi komposisi whipped cream yang lebih sedikit membuat mouse ini jadi jauh lebih gampang (dalam hati, hmmm ... tunggu tanggal mainnya, aku akan taklukkan resep Harvest ala Femina itu !!)

Resep ini aku temukan di tabloid Koki saat nginep di rumah mbak Luwes Sidoarjo, lebaran lalu. Tertarik, karena juga pernah makan, jadi penasaran bikin. Ternyata ga susah lho ! Hasilnya, ga kalah dengan yang di outlet Dapur Cokelat! Cake coklat moist yang tidak terlalu manis dipadu mouse coklat yang lembut, pas banget dimakan dingin.

Saat aku bawa ke kantor ternyata pada suka. Awalnya pada enggan ngambil, lebih prefer fruity japanese cheese cake, mungkin takut kemanisan. Tapi saat yang ngambil komentar, hmmm enak lho manisnya pas, ga kemanisan, baru deh, pada ngeroyok ... ha ha ha ... Maklum udah pada berumur !! Dan ga disangka membuahkan orderan ... Yipi !!!

Two Season Cake ala Dapur Cokelat
Ermey Trisniarty - Owner Dapur Coklat
Resep dimuat di Tabloid Koki No. 143 Feb 2009

Sponge Cake
7 butir telur
200 gr gula pasir
75 gr mentega, lelehkan
120 gr terigu protein rendah
30 gr maizena
30 gr coklat bubuk

White Mouse
100 gr white cooking chocolate, lelehkan dengan tim
200 ml whipped cream, kocok

Dark Mouse
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan dengan tim
200 ml whipped cream, kocok

Coklat siram
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan dengan tim
50 gr mentega

Cara Membuat sponge cake
- Kocok telur dan gula hingga mengembang
- Masukkan mentega, aduk pelan
- Tambahkan campuran tepung
- Tuang ke loyang 20x20x5cm yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi mentega, oven 20 menit 170 'C atau sampai matang.

Cara Membuat Mouse
Campur masing-masing bahan dengan whipcream, aduk rata.

Cara Membuat coklat siram
Campur mentega ke coklat, aduk rata

Penyelesaian
Belah sponge cake menjadi tiga.
Ambil 1 lembar cake, ratakan mouse coklat di atasnya.
Tumpuk dengan satu lembar cake, ratakan mouse putih, tumpuk dengan cake.
Tuang coklat siram di atasnya.
Bekukan
Setelah padat, rapikan pinggirnya, hias dengan coklat. Sajikan.

Tips and Triks
- Jika baru pertama-tama bermain dengan whipped cream dan mouse, saran saya pakai whipped cream non dairy, karena mempunyai tingkat kegagalan rendah. Tingkat kegagalan rendah di sini yang dimaksud, tidak gampang pecah, tidak sulit mencampur dengan coklat leleh dan tahan di suhu ruang.
- Whipped cream non dairy ada yang cair dan ada yang bubuk. Yang bubuk mempunyai ketahanan suhu ruang lebih tinggi, namun rasa creamy-nya lebih rendah dari yang cair. Jika pakai whipped cream bubuk, buat larutan whipped cream sesuai petunjuk kemasan, untuk menghasilkan takaran whipped cream sesuai resep.
- Suhu coklat leleh harus hangat, tidak panas sekali dan juga tidak dingin, agar mouse yang dihasilkan halus dan lembut.
- Untuk menghasilkan tampilan coklat siram yang mulus, lakukan penyiraman dua kali. Setelah siraman pertama, masukkan kue dalam lemari pendingin sampai coklat set, baru disiram untuk yang kedua kali. Kondisi coklat siram harus tidak terlalu cair dan tidak pula kental dengan suhu hangat, agar mudah meluncur dengan mulus di atas cake.
- Jika cake disimpan di lemari pendingin, saat dikeluarkan simpan dalam ruangan AC (jangan di suhu ruang), agar cake tidak berembun.
- Tips membelah cake, simpan cake terlebih dahulu di lemari pendingin agar mudah dibelah tipis. Bisa menggunakan pisau gerigi yang panjang, benang, atau cake slicer.
- Jika merasa sulit membelah cake, bisa memanggang cake dengan membagi ke dalam 3 loyang tipis, seperti halnya membuat joconde opera. Tapi untuk resep ini tidak disarankan, karena cake akan sangat kering. Dengan membelah cake, lembaran cake yang dihasilkan tetap lembab, moist dan lembut.
- Untuk merapikan dan memotong cake, gunakan pisau tajam yang sudah direndam air panas dan dilap bersih, agar potongan rapi dan halus.

5 komentar:

  1. mba hesti...aku blm bisa menaklukan kue ini hiks hiks hiks...thanks u/ share nya yah...:)
    aku ada share di blog ku ttg kegagalan ini dan ijin copas u/ resep diatas yah di blog ku hihih baru bikin blog terinspirasi temen2 di NCC (norax.com)

    Silvi/NCC

    BalasHapus
  2. mbak ijin copas resepnya, dan ijin dipajang diblog jika sudah berhasil kaya foto ini, hihi maklum pemula perbakingan niih... salam kenal dari www.dbento.com

    BalasHapus
  3. Ayo ... Jangan patah semangat .... Coba lagi !

    BalasHapus
  4. Salam kenal y mbak,ak eka.
    aku sudah 2 kali coba resep ini mbak tp gagal terus.
    Yg pertama mgk krna mentega lelehnya q campur pake mixer kali y mbak.. Adonannya lsg encer..

    Percobaan yg kedua waktu memasukkan mentega leleh msh bisa,tp pas memasukkan tepungnya,dan di aduk2 adonannya jadi turun dan agk encer.
    Stlh di oven jadinya padat alias bantet gt mbak..

    Plizz mbak kasih pencerahan biar bs berhasil..
    Thanks before...

    BalasHapus
  5. Hai mba hesti... saya baru nemu nih blog mba n pgn coba resep ini... hanya saja saya mau tanya..pd saat penyelesaian itu apakah kue cukup diletakkan di tatakan kue atau harus masuk ke loyang lagi? Kalau harus masuk loyang..apakah harus pakai loyang bongkar pasang? Tks

    Juna

    BalasHapus