Kamis, Desember 02, 2010

Martabak Manis (versi tanpa ragi)


Penasaran dengan komposisi martabak manis seperti yang dijual abang-abang kaki lima, yang meski tanpa ragi, tetep bisa empuk menul-menul dan bersarang. Pernah mencoba resep mbak Ine, tapi kurang berhasil, agak bantat dan sarangnya sedikit. Pernah juga pakai resep postingan di milis, ga berhasil juga.

Sebenarnya udah agak malas nyoba resep baru, tapi pas lihat resep di majalah Selera ini, kok yakin banget bakal jadi. Udah gitu bikinnya simple banget. Ini kubikin pulang kantor, yang disambung belanja dulu di Tiptop. Jadi start bikin 19.30, didiamkan 1jam sampai 20.30, panggang sebentar, ga sampai jam 21.00 selesai. Hangat-hangat disantap pas hujan-hujan pula, enaknya.

Waktu proses pengembangan tidak kelihatan mengembang seperti halnya kalau pakai ragi. Tapi ternyata adonan mumbul juga, teksturnya jadi 'agak berbusa'. Pas dimasukkan cetakan, adonan mengembang bagus, sarang terbentuk banyak dan adonan bisa matang secara pelan tidak gampang gosong seperti kalo pakai ragi. Ga rugi deh dicoba, hayuk !!!

Martabak Manis (versi tanpa ragi)
Majalah Selera

Bahan
250 gr terigu protein sedang
75 gr gula pasir
1 sdt soda kue
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
2 kuning telur
350 gr air

Cara Membuat
- Campur semua bahan kering hingga rata.
- Tambahkan kuning telur, aduk sambil tuangi air dan terus diaduk hingga kental dan halus.
- Diamkan selama satu jam.
- Panaskan cetakan. Tuang adonan ke cetakan, tunggu sampai mengembang dan terbentuk sarang.
- Tabur gula pasir, tutup, masak sampai matang.
- Angkat, panas-panas oles dengan mentega, isi dengan topping sesuai selera, beri susu kental manis, tangkupkan. Oles permukaan kue dengan mentega.

1 resep jadi 1 loyang martabak sedang, atau 10 martabak mini (pakai cetakan kue lumpur)

Tips and Triks
- Adonan diaduk sampai rata dan halus, agar bisa mengembang dan terbentuk sarang. Aku pakai whisk. Inget kalau abang-abang pakai kayak sapu lidi, mungkin fungsinya sama dengan whisk.
- Gunakan api kecil, agar martabak matang sempurna.
- Untuk hasil terbaik, gunakan mentega yang harum dan lembut, bisa ditambahkan wysman, jika ada, untuk membuat martabak makin spesial.

4 komentar:

  1. save resepnya dulu....kumpulin keberanian dulu & cara masakna....baru deh nanti praktek,heheheh, makasi ya mba resepnya :):)

    BalasHapus
  2. Praktek dong .. he he ... Silakan dikoleksi mbak ... Jangan lupa dipraktekkan ya ?

    BalasHapus
  3. aduuuh jadi ngilerr hehehe
    mau di coba aah :#

    ada resep kue tanpa dipanggang ga mbak cz di rumah gapunya panggangan ?? u,u thankyou

    BalasHapus
  4. Kalau mau yang ga dipanggang bisa coba yang dikukus (cari di folder steamed), atau coba seperti poffertjes, kue pukis, kue lumpur (cari di folder breakfast atau jajan pasar).

    BalasHapus