Selasa, Juli 30, 2013

KBB#35 Pavlova


Yipiiiiii .... aku bisa bikin pavlova .... selama ini aku berfikir kalo bikin pavlova itu tricky, secara pernah bikin schumpjes hasilnya tidak seperti yang kuharapkan. Berkat KBB, akhirnya berhasil menaklukan rasa galau, dan ternyata tidak se'mengerikan' yang aku bayangkan.

Tantangan datang saat memasuki bulan puasa, saat-saat dimana jam kerja kantor memendek, tapi waktu tidur berkurang, hahaha ... Saat ini pekerjaan kantor lagi 'lucu-lucunya', 2 project besar sedang on going, dimana salah satunya sedang persiapan live, belum pekerjaan tengah tahun dimana forecasting, budgeting dan planning sedang ditinjau ulang. Bulan puasa merupakan private project tersendiri, karena harus memikirkan menu buka dan sahur yang bisa memancing selera, pembuatan kue kering dan persiapan mudik, lumayan menyita perhatian juga.

Aku baru bisa mengerjakan tantangan last minute di minggu terakhir, dimana acara buka puasa bersama di rumah sudah berhasil sukses, project kue kering sudah final, dan pekerjaan kantor 90% sudah final. Saat itulah bisa tenang bikin pe er, ambil berbagai sudut foto, edit, ngeblog dan laporan.

Resep pavlova yang menjadi tantangan dan aku pakai (Resep 1) tenyata simple dan mudah diaplikasikan. Karena tidak punya dan tidak bisa pakai cuka anggur putih, aku pakai cuka makan biasa, dengan takaran 1/2 dari resep. Kemudian karena tidak menemukan strawberry maupun berry-berry yang lain, aku pakai selai strawberry yang dimasak dengan sedikit air untuk sedikit mengencerkan sehingga bisa dituang ke atas whipped cream. Whipped cream yang ada dalam stok adalah whipped cream bubuk, sehingga sudah manis jadi tidak perlu penambahan gula icing. Buah-buahan yang aku pakai kiwi, buah naga dan cherry. Begitu jadi ternyata kelihatan ok banget, ga kalah dengan buatan Donna Hay ... hahahaha ...

Classic Berry Pavlova
Sumber: ABC Delicious: Sweets

 
Bahan
4 butir putih telur dalam suhu ruangan
250 gram gula caster
2 sendok teh tepung maizena
1 sendok teh cuka anggur putih (aku pakai cuka makan dengan takaran 1/2 dari resep)
½ sendok teh ekstrak vanilla
2 x 125 gram raspberry
125 gram blueberry
250 gram strawberry, buang kelopaknya, iris
300 mililiter krim kental
5 sendok makan gula icing

 
Cara Membuat
1. Panaskan oven suhu 150C. Alasi loyang dengan baking paper dan gambar lingkar 22cm.
2.Kocok putih telur dengan sejumput garam menggunakan mixer elektrik hingga pucuk tumpul. Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok, hingga adonan mengkilat dan stiff. Masukkan tepung maizena, cuka dan vanilla, aduk rata.
 3. Gunakan sendok besar (atau spatula), tumpuk adonan meringue ke atas gambar lingkar di atas baking paper, lalu buatlah semacam lekukan di tengah adonan meringue menggunakan punggung sendok.
 4. Masukkan dalam oven dan segera turunkan suhu oven ke 100C. Panggang selama 2 ½ jam hingga kulit pavlova mengering. Biarkan di dalam oven hingga pav dingin.
 5. Masukkan satu bagian dari raspberry ke dalam blender dengan 3 sendok makan gula icing, proses sampai lembut. Saring dan buang bijinya.
 6. Kocok krim dengan sisa gula icing hingga pucuk tumpul. Isi bagian tengah pavlova dengan krim kocok dan tabur dengan buah-buahan berry. Sendokkan saus raspberry ke atas susunan buah-buahan, hidangkan segera.


Tips:
1. Pastikan putih telur tidah tercampur kuning telur dan air, sehingga bisa mengembang sempurna.
2. Kocok whipped cream dengan kondisi dingin sehingga bisa mengembang sempurna.
3. Tumpukkan adonan tidak terlalu tinggi agar pavlova tidak terlalu tebal, kurang cantik dan menjadi ga imbang dengan toppingnya.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar