Senin, Juni 20, 2011

Tape Cheese Almond Roll




Mau ikutan bolu gulung week NCC, ahhh ... Bu Fat udah sharing banyak resep bolgul di milis, teman-teman juga. Tapi pengen bikin sesuatu yg jarang dibuat dalam resep bolgul.akhirnya tercipta resep ini, perpaduan keju, almond, dan tape singkong ... Ehhmmm ... Yummy ...

Bolgul ini hasil kreasi east meet west, ada tape asli indonesia dan keju dari negeri 'londo'. Almond digunakan untuk variasoi tekstur dalam roll cake dan mempercantik tampilan luar roll cake. Saat dimakan ada sensasi rasa khas tape, tekstur almond dan gurih parutan keju. Silakan dicoba.

Tape Cheese Almond Roll
Ala Hesti

Bahan A:
4 btr telur (kalau mau lebih lembut ganti dengan 6 kuning telur dan 3 telur utuh)
100 gr gula pasir
1 sdt cake emulsifier (jika tidak ada bisa dihilangkan)
80 gr tepung terigu protein sedang
20 gr almond bubuk (jika tidak ada ganti dgn terigu)
1/2 sdt baking powder
50 gr margarin, lelehkan
50 gr tape singkong, haluskan

Topping dan Isi
30 gr almond slice, remas jadi serpihan kecil
3 sdm cheese spread (jika tidak ada bisa diganti buttercream)
50 gr keju, parut kasar

Cara membuatnya:
1. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga kental,
2. Masukkan terigu, almond bubuk dan baking powder, aduk rata,
3. Masukkan margarin dan tape, aduk rata.
4. Tuang adonan kedalam loyang ukuran 24x24x4cm yg sudah dipoles mentega dan dialasi kertas roti dibagian bawah. Taburkan merata remukan almond slice di atasnya.
3. Oven suhu 200’C hingga matang dan permukaannya kering. Angkat, dinginkan.
4. Balik kue diatas kertas roti, biarkan uapnya hilang. Olesi cheese spread. Beri parutan keju membujur di salah satu sisi. Tekuk bolu di sisi yang ada kejunya, gulung dan padatkan. Biarkan dingin, baru dipotong-potong.

Catatan
- Kocokan telur harus kental banget, agar kuat menahan almond dan tape.
- Almond slice diremuk agar saat digulung tidak rontok karena terkelupas. Usahakan taburan almond ini rata (tidak bertumpukan) agar cantik saat digulung.
- jika tidak ada cheese spread bisa diganti buttercream yang dicampur dengan keju parut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar