Minggu, Februari 27, 2011

Egg Tart / Kue Lontar


Beberapa malam termimpi-mimpi dengan pie ini, hmmmm ... Kok ya ndilalah di milis lagi hangat membahasnya. Dulu saat hamil Raihan, suka banget beli pie ini kalo habis lunch, kadang ga cuma dimakan di tempat makan siang, masih mbungkus buat ngemil di kantor. Ha ha ha ... maklum ibu hamil!

Pie ini menjelma dengan berbagai nama, dari yang keren, custard pie atau egg tart, sampai nama indonesia, pie susu, atau nama kue khas daerah, kue lontar.

Pie susu bahkan terakhir ini jadi oleh-oleh Bali, dengan varian pie kecil dan adonan custard yang menurutku cenderung light baik dari rasa dan ketebalan (karena ditaruh di loyang tipis/cenderung datar).

Lain lagi dengan sebutan kue lontar, menurut ikhwal cerita, kue ini khas dari papua, karena dibakar di cetakan khusus yang namanya piring lontar. Piring ini hanya ada di papua. Adonannya sarat telur, bahkan resep yang ini hanya pakai kuning telur, jadi bisa dibayangkan rasanya akan sangat legit dan manis.

Kue Lontar
www.dapurmae.blogspot.com

Bahan kulit
100 gr margarin
150 gr terigu protein sedang
2 sdm air es

Bahan Isi
8 kuning telur
1 kaleng susu kental manis
1 kaleng air (diukur dari kaleng susu kental manis)

Cara membuat
- Kulit: campur margarin dan terigu dengan pisau pastry sampai berbutir, beri air es, aduk rata. Bulatkan, bungkus plastic wrap, masukkan lemari pendingin selama 15 menit.
- Keluarkan, giling seukuran loyang pie bongkar pasang diameter 20cm. Letakkan di loyang, rapikan.
- Isi: aduk semua bahan, saring langsung di atas loyang.
- Oven 15 menit dengan suhu 200 'C, kecilkan suhu menjadi 140 'C, oven selama 45 menit. Keluarkan dari oven, biarkan dingin.
- Masukkan lemari pendingin hingga set. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar